Hallo sobat auto, ketika kita memiliki kendaraan bermotor tentunya hal yang paling utama yang harus kita perhatikan adalah tentang bagaimana cara perawatannya.
ya sudah menjadi barang tentu masalah akan sering datang menghinggapi bagi para pemilik sepeda motor tentunya sob. dan salah satu masalah yang akan kita sabit sekarang ini dalam kendaraan sepeda motor adalah mengenai kelistrikan yakni dalam kata lain aki.
apalagi kalau misalnya kita berbicara mengenai Motor-motor keluaran sekarang yang dimana mayoritas sudah berteknologi injeksi bahan bakar, Untuk itu, maka aki tentunya menjadi salah satu perangkat yang paling penting dan sakral pada motor injeksi.
karena apabila mengalami Aki yang soak, maka sudah menjadi barangtentu akan menyulitkan pengguna motor, dengan seketika Aki yang menjadi mati dan tentunya patalnya akan bisa menyebabkan motor menjadi sulit untuk dinyalakan, sensor-sensor tidak bekerja maksimal, dan tentunya yang paling parah dimana dalam hal ini kerusakan akan menjadi merembet ke semua komponen motor.
nahlalu apakah yang menyabkan aki dalam motor bisa menjadi cepat rusak dan soak ? tentunya peneyebab utamanya adalah kembali lagi kepada si pemilik kendaraan bermotornya, yang dalam kata lain selalu melakukan kebiasaan buruk, yakni salah satunya dalam menggunakan starter elektrik disaat lampu Malfunction Indicator Lamp (MIL) masih menyala. contohnya disadari atau tidak kebanyakan dari kita akan menghidupkan motor, dan ketika kunci kontak kita posisikan ke 'ON', kita selalu lupa kalau lampu Malfunction Indicator Lamp (MIL) sedang dalam keadaan menyala, nah hal itulah biasanya yang akan membuat aki motor cepat rusak dan menjadi soak.
nah lalu adakah cara dan tips supaya kita dapat meminimalisir kondisi aki motor kita supaya menjadi awet dan tidak soak ? berikut ini salah satu tips yang harus dilakukan sobat auto.
1. ketika kita ingin menyalakan mesin motor, tunggu lampu MIL mati terlebih dahulu.
kenapa demikian ? karena Kalau lampu MIL masih menyala dan mesin langsung dihidupkan, maka sistem akan menyedot arus setrum lebih banyak dan lebih boros tentunya sobat auto, karena Kalau lampu MIL masih nyala, tentunya dalam hal ini bensin masih di jalan, nah dan apabila begitu di-start maka motor akan langsung kaget, jadi tentunya salam hal ini sistem akan ngambil arus setrum dari aki.
2.ketika kita akan menghidupkan motor pertama kali jangan langsung memakai starter.
dalam kata lain jangan lah kita disaat pertama kali menyalakan mesin motor contohnya di pagi hari nih ketika kita akan pergi ngantor atau ngampus umpamanya, jangan langsung menggunakan starter elektrik tetapi cobalah kita menyelah motor dulu memakai engkol dalam posisi kontak OFF, kurang lebih 4-5 kali. hal ini dilakukan agar oli dalam mesin kita naik dulu, semburan olinya merata. nah dan barulah setelah itu posisi kontak ke 'ON' dan barulah nyalakan mesinnya dan terus dipanaskan deh. hal ini supaya si setrumnya dapat ngisi dulu ke aki sobat auto dan tentunya aki tak akan kaget dan mengeluarkan daya dua kali lipat tentunya.
Demikianlah sedikit ulasan mengenai Cara Ampuh Merawat Aki Motor Supaya Bisa Lebih Awet dan Tidak Soak, terimakasih sudah membaca artikel ini dan tentunya semoga artikel ini bisa bermanfaat sobat auto.
Thursday, June 23, 2016
Cara Ampuh Merawat Aki Motor Supaya Bisa Lebih Awet dan Tidak Soak
