Tuesday, May 10, 2016

cara belajar menyetir mobil yang baik tebaru 2016

Hallo sobat auto. untuk bisa mengendarai kendaraan seperti mobil bukanlah hal yang mudah tentunya, apalagi untuk pemula yang ingin mengendari mobi.
selain skill cara berkendara yang baik, kita juga memerlukan antipasi dan persiapan tersendiri yang lebih dibandingkan berkendara dengan motor dan sejenisnya. Sekali pun mobil telah mendapatkan perawatan rutin, hingga memiliki mesin, ban serta sistem pengereman yang baik, bukan berarti kita telah cukup dalam mempersiapkan diri untuk terhindar dari bahaya dijalan raya.


mengingat akan tidak mudahnya untuk mempelajari berkendara mobil yang baik, berikut ini ada beberapa hal yang perlu ditanamkan pada diri sobat auto sebelum akan benar-benar belajar mobil :

a.persiapan Awal :
Sebelum sobat auto mulai belajar mengemudi, sebaiknya sobat auto mempersiapkan banyak hal utama di bawah ini, yakni :

b. Kemauan yang kuat :
Ingat semua suatu hal itu bergantung pada tujuannya, sebaiknya sobat auto meluruskan kemauan terlebih dulu sebelum saat mengawali.
karena bila sobat auto tidak menanamkan kemauan yang kuat pada hal apapun, khususnya ketika akan belajar mengendari mobil, sudah barang tentu hasilnya pun akan setengah-setengah atau bahkan gagal.

c. Mobil :
bagi sobat auto yang ingin belajar mengendarai mobil, sangat dianjurkan untuk memakai mobil yang tetap memakai sarana kopling (manual), dianjurkan juga menentukan mobil yang memiliki ukuran besar seperti kijang, panther, atau sejenisnya.
kenapa ? sobat auto pasti pernah mendengar kata kata ini “the real man use three pedals”. ya sudah barang tentu yang dimaksud three pedals disini pastilah mobil bertransmisi manual.
selain persnelingnya bisa diatur, pengemudi mobil manual bisa menyesuaikan mobil dengan kecepatan yang diinginkan. Memang sedikit ribet karena harus aktif mengoperasikan porsneling, gas dan kopling. singkat dalam kata lain memang belajar mobil dengan menggunakan mobil manual sedikit agak ribet dibanding dengan mobil matik, tapi sobat auto mesti ingat ketika kita sudah bisa belajar mobil yang manual sudah barang tentu dalam hal mengendari mobil matik pun akan otomatis bisa.
tapi kalau kita sebaliknya? apakah akan bisa secara otomatis bisa mengendarai manual ? nah itu alasannya sobat auto.
bahkan tidak hanya itu mobil manual lebih irit bahan bakar. Jika terjadi kerusakan pun perbaikanya juga akan lebih murah dibandingkan mobil matic. Penggantian oli hanya perlu dilakukan setiap 15.000 km.

d. Seseorang Pengajar
nah untuk hal ini, merupakan hal yang sangat sakral. ini penting sekali sobat auto, karena apabila kita belajar sendiri tanpa pantauan seseorang yang ahli, sobat auto pasti sudah tau apa yang terjadi kan?
san Ingat!! orang itu mesti lah orang yang telah dapat mengemudi, janganlah menentukan orang yang keduanya sama tengah belajar.

bagaimana sobat auto sudah mengerti tentang dasar-dasar yang dijelaskan diatas? nah setelah sobat auto mengerti baiklah kita lanjutkan ke tehnik nya, apa saja berikut akan saya jelaskan :
.nah hal yang pertama ini yang harus dikerjakan sobat auto yaitu :

1. sobat auto harus mengerti kontrol basic dari tiap-tiap feature dashboard mobil yang ada. Memanglah tiap-tiap mobil berlainan, namun sekurang-kurangnya sobat mesti tahu langkah menghidupkan serta mematikan mesin, langkah memakai lampu sen serta lapmu hazard, memakai lampu utama serta lampu jarak jauh, menggerakkan wiper untuk menangani hujan, serta sebagainya.



2. setelah sobat auto tau dan bisa mengerti kontrol basic dari tiap-tiap feature dashbord mobil, selanjutnya yang harus dilakukan sobat auto adalah mencari suatu lapangan di sekitar kompleks rumah untuk berlatih maju serta mundur.
Maksudnya dengan hal ini yaitu untuk membiasakan diri sobat auto bermain dengan kopling. setidaknya untuk menggerakkan mobil dengan halus tiada getaran mesin yang jadi (terlebih bila mesinnya mati-mati selalu).

3. nah setelah sobat auto menguasai akan yang dijelaskan pada point kedua diatas,sekarang saatnya beralih track (lintasan) dari yang lurus ke yang lebih berbelak-belok.
yeah sekarang sobat auto harus mencari lintasan yang berkelak-kelok di kompleks perumahan atau di daerah sobat auto yang sedikit tidak ramai dengan lalu lintas mobil. Janganlah menyepelekan tehnik belok, lantaran meskipun simpel tehnik ini cukup susah diimplementasikan lo. Yang butuh di perhatikan saat berbelok yaitu jangan sempai mengambil jalan pengemudi lain. Sebatas info, belok kanan lebih susah dari pada belok kiri lantaran nyaris dapat di pastikan Anda bakal memotong jalan pengemudi lain.

4. nah setelah sobat auto benar-benar paham dengan yang saya tugaskan di poin 3.
sekarang saatnya belajar untuk menanjak, nah tugas sobat auto sekarang mencari tanjakan di sekitar rumah atau di daerah tempat tinggal sobat auto yang agak sepi dengan lalu lalang kendaraan, lalu berlatihlah disana.
Ada dua tehnik yang bisa di pakai dalam hal ini, pertama memakai rem tangan, serta yang ke-2 memakai seni permainan kopling.
lakukanlah trik keduanya di beberapa jenis tingkat kecuraman tanjakan serta kerjakan variasi menanjak dengan cara maju serta mundur. Ingat sbat auto!! perhatikan juga temperatur mesin mobil ya, lantaran pada intinya manfaat kopling yaitu melindungi supaya mesin Anda tak mati serta memainkan kopling sama juga dengan memainkan mesin mobil Anda untuk menaik turunkan kemampuannya.
tugas dari saya untuk sbat auto nih, hayo bagaimana langkahnya menahan mobil terus stabil tak mundur saat ada di tanjakan tiada memakai rem kaki ataupun rem tangan. Hal semacam ini cuma dapat dikerjakan dengan gabungan gas serta kopling yang cocok. Berlatih berlatih serta berlatih, hanya satu langkah agar dapat mahir tehnik ini.

5. nah setelah sobat auto mampu mengusai akan akan tugas yang saya jelaskan pada point ke 4 diatas. sekarang Waktunya belajar memarkir mobil. hayo masa udah bisa kontrol kupling, gas, belok, dan nanjak, tapi gak bisa parkir si ? irona sekali kan kalau begitu namanya.. hihi
ini merupakan tehnik yang cukup susah lo sobat auto, nyaris sama tingkat kesulitannya dengan menanjak atau juga dapat jadi lebih susah untuk keadaan spesifik. Pertama tekuni parkir mundur seperti bila memarkirkan mobil ditempat parkir umum, kerjakan dari arah kiri serta kanan. Setelah itu tekuni tehnik parkir horizontal. Tehnik parkir ini umum dipakai bila kita hadapi tempat parkir yang paralel. Parkir paralel ini adalah tantangan menguras keringat dan emosi pagi pemula lho. hihi

6. nah ini nih buah dari keluhkesahnya sobat auto selama mempelajari cara mengendarai mobil dari point 1 sampai point 5.
yakni saatnya sobat auto keliling kota yeahh.....
tapi ingat ya, tetep kontrol dan jangan terlalu ngebut-ngebut dulu. dan sedikit tambahan untuk sehari / duahari ajak dulu deh teman atau keluarga yang bisa mobil untuk ikut dengan sobat auto jalan-jalan.



demikian penjelasan mengenai cara belajar mengemudi yang baik untuk pemula, terimakasih sobat auto sudah membaca artikel ini, dan semoga ada manfaat yang besar untuk sobat auto sekalian ya.